Kamis, 14 Oktober 2010

Novel Fiksi dan Cerpen

 Sang Pencerah

Ahmad Dahlan (bernama kecil Muhammad Darwis) tumbuh di lingkungan religius di dalam keraton: Kauman. Ia beruntung memiliki lingkungan yang tepat dan mendukung. Ayahnya selalu bisa menenangkan kegundahannya. Pamannya –yang kemudian juga mertuanya– sering menasihatinya soal keteguhan hati dan pengendalian diri. Istrinya -yang tak perlu istikharah untuk memilih Dahlan sebagai suami, karena sudah yakin akan kepribadian Dahlan– bisa membesarkan hatinya
Begitulah dikisahkan kehidupan K.H. Ahmad Dahlan dalam novelisasi yang ditorehkan oleh Akmal Nasery Basral dalam sebuah deskripsi 480 halaman.
Peluncuran buku yang juga bersamaan dengan pemutaran film Sang Pencerah diharapkan dapat membuka wawasan kebangsaan masyarakat negeri ini yang mulai carut marut, tumpang tindih antara hak dan kewajiban, serta memudarnya toleransi antar umat beragama.
“Selama ini kita sangat akrab dengan nama KH. Ahmad Dahlan namun cerita mengenai beliau belum banyak kita ketahui. Buku ini menghadirkan kisah tentang kehidupan KH. Ahmad Dahlan, sisi manusiawinya yang belum banyak kita kenal, kehidupannya semenjak kecil hingga suka duka yang dialaminya, dilema – dilema batinnya dan pemikiran- pemikiran terdalamnya,” papar penulisnya, Akmal Nasery Basral yang ditemui di Toko Buku Togamas, Jalan Affandi Yogyakarta, Sabtu (3/7) – Kedaulatan Rakyat.

Chicklit: Enchanted, Inc.


Katie Chandler selalu mendengar bahwa New York adalah kota yang ajaib, tapi cewek kota kecil ini tak pernah menyangka sampai ia tinggal di sana. Kemanapun matanya memandang, ia melihat sesuatu yang ganjil dan Katie takut ia jadi gila. Tiba-tiba saja, Katie mendapat tawaran pekerjaan dari Magic, Spells, and Illusions, Inc., perusahaan yang memproduksi mantra untuk dunia sihir. Barulah Katie tahu bahwa dunia sihir memang nyata. Dari atasannya yang monster sungguhan, peri bersayap, kepala departemen yang super ganteng, sampai cowok-cowok yang disihir menjadi kodok. Semua nyata dan ini semua memang benar-benar nyata!Jadi, siapa berminat ikut bekerja di Enchanted, Inc. ?

Teenlit: Porsi Kedua
 
Jessica Darling menginjak tahun terakhirnya di SMA. Dia tetap merindukan sahabatnya, Hope, yang tinggal jauh di Tennessee. Alangkah asyiknya kalau Hope bisa ada di New York dan diajaknya curhat secara langsung, bukan melalui surat, chatting, atau telepon. Hope pasti akan jauh lebih tanggap soal berhentinya Jess dari klub lari lintas alam, kesebalannya pada Kru Konyol (Sara dan Manda), dan kebingungannya memilih tempat kuliah. Hope pasti bisa jadi kawan berbagi yang jauh lebih oke daripada Bridget dan Pepe, yang menemani Jess ke mana-mana.Di tahun ajaran ini pula Jess akhirnya punya pacar. Cowok itu Len Levy dan mereka akhirnya pacaran karena dicomblangi Marcus Flutie cowok yang sempat dikira Jess belahan jiwanya tahun lalu. Jess berusaha keras mencintai Len dengan tulus, tapi dia tahu Hope pasti bisa menebak bahwa sebenarnya... Sebenarnya apa? Sebenarnya Jess tidak bisa melupakan si mantan junkies Marcus Flutie. Buku ini adalah kelanjutan dari Cadangan Pertama (Sloppy First).


Teenlit: Keely Hero Of Lesser Causes
 
KEELY CONNOR menganggap dirinya pahlawan berkuda putih yang sanggup menaklukkan dunia dan mengalahkan apa pun juga, meskipun kudanya hanya Lola, kuda banyak tingkah yang tinggal di padang rumput di belakang rumahnya.Pada suatu musim panas, kakak laki-laki Keely yang bernama Patrick terserang polio, musuh yang tak dapat ditaklukkan Keely.
Meskipun dengan seluruh kekuatan di dunia ini, Keely takkan pernah dapat memberikan semangat maupun kesehatannya kepada Patrick. Namun toh, ia tak pernah surut dan menyerah membantu Patrick bangkit kembali. Perjuangan Keely menyelamatkan Patrick dari keputusasaannya kadang-kadang lucu dan kadang-kadang mengharukan, tapi selalu tak terlupakan.

Harlequin Koleksi Istimewa: Pernikahan Pura-pura

Di mata Antonio Rocha, Sophie Cunningham bukanlah wanita baik-baik yang pantas mengasuh keponakannya. Dia semakin kaget ketika tahu bahwa wanita itu mengasuh keponakan perempuannya yang masih bayi di sebuah trailer! Dengan segera ia memutuskan untuk membawa bayi itu ke Spanyol.Sophie Cunningham sebenarnya masih memendam rasa sakit hati akibat penolakan Antonio 3 tahun yang lalu. Namun, satu-satunya jalan agar ia bisa tetap mengasuh keponakannya adalah dengan menerima tawaran pernikahan pura-pura dari Antonio. Pernikahan di mana ia harus membebaskan Antonio untuk berhubungan dengan wanita manapun yang dia inginkan. Akan tetapi, ketika Sophie menyadari bahwa dirinya telah jatuh cinta kepada Antonio, dia bertekad untuk melakukan apa pun untuk mempertahankan Antonio. Namun, apa yang akan dilakukan Sophie ketika dia dituduh menjebak Antonio untuk mendapatkan uang?


Putri Cina

Kita datang ke dunia ini sebagai saudara, tapi mengapa kita mesti diikat pada daging dan darah, yang ternyata hanya memisahkan kita? Itulah kisah tragis anak manusia yang digeluti oleh novel Putri Cina. Novel ini melukiskan, bagaimana anak manusia itu ingin mencintai bumi tempat ia berpijak. Tapi ternyata bumi tersebut tak mau menjadi tanah airnya yang aman, damai dan tentram. Ia yakin, dengan dilahirkan di dunia, semua manusia adalah saudara. Tapi mengapa manusia-manusia di bumi tempat ia berpijak itu tak mau menerima dirinya sepenuh-penuhnya?Sindhunata berhasil menerjuni kisah itu dalam pelbagai lika-likunya. Ia menggeluti kisah itu lewat pengetahuannya yang luas dan kaya tentang filsafat dan mitos, baik Jawa maupun Cina. Kisah itu juga ditelusurinya lewat babad dan sejarah. Lalu dijalinnya semua itu dalam sebuah sastra tentang Putri Cina.Putri Cina adalah sebuah sastra tragedi yang indah dan kaya akan permenungan hidup. Dengan cara bertuturnya yang khas, novel ini akan membawa kamu ke dalam sebuah alam, di mana mitos dan kenyataan historis sedemikian bersinggungan tanpa pernah terpisahkan. Di sini sejarah seakan hanyalah panggung, tempat mitos mementaskan dirinya. Dengan amat menyentuh, novel ini berhasil melukiskan, bagaimana di panggung sejarah yang tragis itu cinta sepasang kekasih yang tak ingin terpisahkan oleh daging dan darah pun akhirnya hanya menjadi tragedi yang mengharukan hati.

La Grande Borne

Hubungan yang semakin memburuk dengan suaminya, ditambah penyakit fatal yang nyaris merenggut nyawanya, membuat Dini menjalani hari-harinya tanpa semangat. Detik demi detik dilaluinya bagaikan robot yang bergerak secara otomatis. Bahkan, ia mulai tidak peduli kepada Lintang dan Padang.  Setitik harapan yang masih tersisa di hatinya hanyalah terwujudnya rencana-rencana yang telah disusun ‘Kaptenku’ -kekasihnya -untuk mereka berdua dan anak-anaknya. Dini merindukan saat yang tepat untuk meninggalkan kehidupannya yang bagai terpanggang api dan memulai lembaran baru dalam rengkuhan sejuknya kasih sayang sang Kapten. Tapi... manusia hanya bisa merencana, Tuhan ber-kehendak lain... Hari berganti minggu, minggu berganti bulan...sia-sia Dini menantikan datangnya surat atau dering telepon dari sang Kapten...

Princess Diaries: Ulang Tahun Sang Putri Sweet Sixteen Princess

Mengingat pesta ulang tahunnya yang kacau balau tahun lalu, Putri Mia tidak berminat untuk membuat pesta sama sekali di ulang tahunnya yang keenam belas ini. Tapi seperti biasa, Grandmère punya rencana sendiri. Grandmère sudah mengatur supaya pesta ultah Mia disyuting untuk tayang di reality show. Tidak tanggung-tanggung, Grandmère sampai mengundang MTV!  Mia menolak mentah-mentah ide itu karena merasa acara itu terlalu berlebihan. Tapi bagaimana dengan teman-temannya? Apakah mereka merelakan Mia untuk membatalkan acara MTV itu, karena dengan begitu sama saja dengan membatalkan rencana mereka supaya bisa pergi ke Genovia, belanja, dan main di pantai? Padahal di ulang tahunnya nanti Mia hanya ingin menikmati makan malam romantis berdua dengan Michael.

Harlequin Koleksi Istimewa: Suamiku Sang Pangeran

Saat berusia delapan belas tahun, Jordan Ashbury menghabiskan satu musim panas di California dengan Ben Prince, seorang pelajar Eropa yang tampan dan penuh rahasia. Tapi Ben pergi dengan tiba-tiba ketika musim panas berakhir. Jordan hanya punya kenangan manis tentang pangerannya dan bukti cinta mereka dalam kandungan. Bukti yang tidak pernah diketahui Ben. Sekarang, Jordan tiba-tiba diingatkan akan masa-masa indah musim panas lima tahun yang lalu. Saat membantu bibinya menyiapkan acara jamuan kerajaan di Penwyck, Jordan bertemu sekali lagi dengan mata safir Ben yang memesona. Dan menemukan bahwa Ben sesungguhnya adalah Pangeran Owen dari Penwyck! Kali ini, Jordan harus melindungi dirinya-dan juga Whitney, putri kecilnya, dari sakit hati yang kedua. Ia tak mungkin berdampingan dengan Owen dan menjadi seorang putri. Atau.. Mungkinkah keajaiban dalam ciuman Owen membawa akhir yang bahagia untuk mereka bertiga? 

Harlequin Koleksi Istimewa: Pernikahan Di Windaroo

Berbeda dengan wanita-wanita di kotanya, Piper O'Malley adalah gadis tomboi yang tak pernah jatuh cinta. Sampai kakeknya memutuskan bahwa Piper harus menikah, atau ia akan kehilangan peternakan Windaroo selamanya! Terdesak, Piper meminta bantuan teman baiknya, Gabe Rivers, dalam upayanya mencari suami. Sementara itu, Gabe yang kembali ke Mullinjim setelah mengalami kecelakaan mobil, ternyata masih menyimpan luka batin. Dalam keadaan rapuh, Gabe membiarkan dirinya terlibat dalam pencarian suami untuk Piper. Alih-alih berhasil, ia justru jatuh hati pada Piper yang secara mengejutkan telah berubah menjadi gadis yang sangat menarik. Tumbuh ketertarikan di antara mereka berdua, hingga terciptalah percikan api asmara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar